Asuransi menawarkan manfaat yang baik dalam meminimalisasi risiko akan ketidakpastian yang datang tanpa diduga.

Berikut ini adalah lima manfaat asuransi yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

  • Melindungi pendapatan dari risiko yang datang tiba-tiba.
  • Melindungi uang yang disimpan untuk mewujudkan rencana masa depan.
  • Melindungi masa depan keluarga ketika kematian datang.
  • Melindungi kesehatan fisik dan mental ketika terjadi risiko kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan masa depan dari investasi.

Adapun asuransi terdiri dari banyak pilihan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya, ketika Anda sakit dan membutuhkan banyak biaya untuk pengobatan baik rawat jalan atau

rawat inap, maka yang Anda butuhkan adalah asuransi kesehatan.

Atau ketika kematian datang, sakit tiba-tiba, atau menderita cacat tetap total maupun sebagian akibat kecelakaan atau penyakit, maka asuransi jiwa yang dibutuhkan. Anda bisa mengetahui rekomendasi asuransi jiwa terbaik sebelum memutuskan membeli polis asuransi satu ini.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk Asuransi yang populer. Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan melindungi finansial mulai dari menanggung proses perawatan ketika sakit hingga sembuh. 

Beberapa manfaat asuransi kesehatan antara lain yaitu menanggung biaya rawat inap, rawat jalan, persalinan, perawatan gigi, mata, kehamilan, pembedahan, dan lainnya.

Umumnya, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh Asuransi ini meliputi cacat, sakit, hingga kematian. Anda sebaiknya memilih jenis polis yang akan diambil sesuai dengan kemampuan finansial.

Misalnya, jika Anda ingin membeli produk asuransi kesehatan, Anda boleh memilih produk yang mencakup rawat inap saja atau hanya rawat jalan.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang memberikan jaminan kepada ahli waris jika nasabah meninggal dunia.

Selain karena meninggal dunia, santunan asuransi jiwa juga bisa diberikan jika nasabah mengalami cacat total sehingga tidak bisa melakukan aktivitas secara maksimal. Namun, sebelum memilih polis asuransi jiwa, Anda harus memahami sistem dan metode yang ditawarkan.

Baca Juga:  9 Rekomendasi Novel Terjemahan

Pasalnya, ada jasa penyedia asuransi yang memberlakukan sistem pembayaran setelah kematian. Namun, ada pula yang memperbolehkan pemegang polis mengklaim dana sebelum kematiannya.

Asuransi Mobil

Kendaraan juga perlu diproteksi dari hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan atau kerusakan. Manfaat dari membeli premi asuransi kendaraan, dalam hal ini asuransi mobil adalah untuk memberikan perlindungan dan rasa tenang akan finansial jika kita dihadapkan pada risiko kerusakan kendaraan.

Adapun fungsi utama dari asuransi ini adalah memberikan jaminan finansial atas kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada sebuah mobil. Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi mobil yaitu asuransi All Risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi All Risk menjamin sebagian maupun keseluruhan kerusakan pada mobil. Sementara itu, asuransi Total Loss Only hanya menjamin jika kerusakan pada mobil sama atau lebih dari 75%.

Bagi Anda yang memiliki mobil, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar asuransi ini karena kerusakan mobil bisa terjadi kapan saja.

Asuransi Kecelakaan

Umumnya orang tidak banyak melirik Asuransi kecelakaan karena beranggapan perusahaan tempat mereka bekerja sudah memberikan perlindungan atas kecelakaan saat bekerja.

Tapi coba tilik kembali aktivitas dan kondisi kerja Anda. Jika pekerjaan Anda termasuk dalam kategori rawan risiko kecelakaan, sebaiknya membeli produk asuransi kecelakaan, karena risiko bisa terjadi kapan saja dan di mana saja baik di jalan maupun saat bekerja.

Asuransi ini memberikan jaminan berupa uang santunan jika nasabah mengalami kecelakaan yang menyebabkan kematian atau cacat, baik itu cacat total maupun cacat sebagian.

Misalnya, Anda mengalami kecelakaan saat kerja atau saat berada di perjalanan dan mengakibatkan cacat maka Anda berhak untuk mendapatkan asuransi kecelakaan.

Baca Juga:  9 Rekomendasi Film Zombie Terbaik

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan atau yang juga disebut sebagai asuransi travel merupakan asuransi yang memberikan jaminan ketika seseorang melakukan perjalanan baik ke dalam negeri maupun keluar negeri.

Meski menyenangkan, sebenarnya traveling merupakan kegiatan yang sangat beresiko karena bisa saja di tengah jalan mengalami kecelakaan.

Biasanya, asuransi perjalanan bakal mengganti biaya atas beberapa hal seperti kecelakaan diri, keterlambatan, kehilangan, kerusakan bagasi,  kehilangan dokumen paspor dan uang, biaya hukum, serta evakuasi medis.

Asuransi Properti

Asuransi properti memberikan perlindungan terhadap aset properti seperti rumah, apartemen, atau perkantoran. Tujuan utamanya adalah mengantisipasi kerugian finansial yang diakibatkan oleh kejadian tidak terduga.

Misalnya, rumah yang Anda tempati terbakar sehingga membuat sebagian besar bagian rumah jadi rusak. Maka Anda bisa mengajukan klaim asuransi properti.

Asuransi ini mengganti biaya atas risiko kebakaran, pencurian, dan bencana alam yang menimpa properti yang diasuransikan.

Asuransi Proyek

Asuransi proyek diberikan untuk memberikan perlindungan atas kejadian yang mungkin saja terjadi saat proyek konstruksi berlangsung.

Asuransi ini mengganti kerugian atas kerusakan mesin, pengiriman mesin, risiko kecelakaan kerja, dan hal-hal lain sebelum, saat, maupun sesudah proyek.

Jadi asuransi ini lebih tepat diberikan oleh orang-orang yang bekerja di perusahaan kontruksi atau perusahaan yang bergerak di bidang tersebut.

Telitilah Mengenai Klaim Asuransi

Setelah mengetahui jenis dan manfaat asuransi yang dibutuhkan, sebaiknya Anda juga memahami proses pencairan klaim asuransi.

Anda wajib memahami semua hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen, dan pahami perusahaan asuransi yang akan mengeluarkan polis Anda.

Periksa kembali nama tertanggung, besaran premi, uang pertanggungan (UP), durasi asuransi, biaya asuransi, instrumen investasi dan fasilitas lainnya sesuai kesepakatan antara penyedia jasa asuransi dengan pemegang polis.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Novel Best Seller di Indonesia

Pelajari juga tentang masa tunggu pencairan polis. Sebab, setiap perusahaan asuransi memiliki metode pencairan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat!

Rate this post